Senin, 17 November 2014

Tips untuk Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Kini usia kehamilan anda memasuki trimester akhir, beberapa hari bahkan hitungan jam anda akan memasuki proses persalinan. Ada banyak hal yang membuat anda berdebar-debar menunggu kehadiran bayi, rasa cemas dan bahagia akan semakin bersatu. Usahakan anda untuk dapat mengelola mental anda ketika menjelang persalinan. Selain mengelola mental menjelang persalinan, beberapa hal harus anda pertimbangkan salah satunya adalah mengelola diri anda agar tidak terjadi kelelahan ketika hari persalinan anda. Ibu hamil yang memasuki trimester akhir, tepatnya menjelang persalinan akan mengalami kelelahan meskipun hanya melakukan aktivitas di rumah saja. Hal ini berhubungan dengan beban tubuh yang dialami oleh ibu hamil pada usia kehamilan akhir mencapai kisaran 10-15 kg. Meskipun kelelahan normal terjadi pada ibu hamil akan tetapi ada baiknya ada mempunyai beberapa cara untuk mengatasinya sehingga kelelahan tidak menguasai anda berlarut larut.

Berikut adalah tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kelelahan yang terjadi menjelang persalinan :

1.    Mengatur jam istirahat
Menjelang persalinan sebaiknya anda mengatur jadwal istirahat anda, apalagi istirahat malam untuk mengembalikan kebugaran di pagi hari. Bagi anda yang sering tidur larut malam dikarenakan pekerjaan yang belum selesai sebaiknya selama kehamilan dihindari apalagi memasuki kehamilan akhir. Anda dapat menggunakan waktu istirahat malam maksimal pada pukul 10 malam.

2.    Melakukan latihan khusus ibu hamil
Meskipun anda sedang kelelahan bukan berarti anda mengabaikan waktu olahraga anda. Anda dapat mengurangi rasa lelah di usia kehamilan akhir dengan cara melakukan latihan khusus bagi ibu hamil seperti yoga atau dengan jalan kaki di pagi hari sekitar 20 menit, hal ini terbukti dapat membantu anda dalam menyeimbangkan tubuh dan menambah energi.

3.    Cukupi kebutuhan cairan tubuh anda
Ketika anda sedang hamil, anda membutuhkan vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi dari keadaan wanita yang tidak hamil. Selain untuk mencukupi kebutuhan perkembangan kesehatan janin, vitamin dan mineral dapat bermanfaat untuk anda dalam mengusir kelelahan. Sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan anda dalam menjaga tubuh tetap bugar dan kesehatan pencernaan yang lancar pada ibu hamil.

4.    Makanan yang bermanfaat untuk kelelahan
Makanan yang terlalu banyak mengandung gula buatan tidak baik untuk kesehatan anda dan janin, sehingga anda dapat memilih beberapa makanan dengan kandungan gula alami. Salah satunya buah-buahan yang menyajikan kandungan gula alami yang dapat membuat anda sehat, pilih juga buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi seperti jeruk, semangka, melon yang dapat menyegarkan. Selain itu kentang kukus dapat membantu anda mengusir kelelahan menjelang persalinan.

5.    Waktu untuk istirahat di siang hari
Anda dapat memanfaatkan cuti hamil anda menjelang persalinan untuk beristirahat di siang hari. Meskipun demikian anda tidak perlu memaksakan diri tidur siang, anda cukup melakukan rileksasi dengan berbaring dengan mata terpejam di atas tempat tidur anda kurang lebih 20 menit.

6.    Mengurangi ketakutan menghadapi persalinan
Tidak saja kelelahan secara fisik, kelelahan secara emosional dapat terjadi pada anda. Salah satunya adalah kecemasan berlebihan mempersiapkan persalinan. Sebaiknya anda meminta bantuan orang terdekat termasuk keluarga untuk meminta dukungan dalam menghadapi persalinan anda. Dengan kenyamanan yang diberikan keluarga, yang paling utama suami anda dapat mengurangi ketakutan yang menyebabkan lelah secara emosional.
http://bidanku.com/tips-untuk-menghindari-kelelahan-menjelang-persalinan#ixzz3JIu8GwaV

Tidak ada komentar: